Juni 12, 2016

Tol Pejagan-Pemalang Akan Dibuka Sebelum Idul Fitri


Pak Jokowi, kami tagih janjinya.

KABUPATEN TEGAL - Pembangunan jalan tol Pejagan-Pemalang yang sudah mencapai 95 persen, diharapkan pada Mei 2016 atau sebelum Idul Fitri sudah dapat dibuka untuk umum. Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Badan Pengembangan Infrastruktur Wilayah (BPIW) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Hermanto Dardak saat mewakil Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menjadi keynote speech pada acara Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kabupaten Tegal, Rabu (30/3).


Menurutnya, dengan dibuka akses jalan tol ini akan memudahkan perjalanan para pemudik menjelang lebaran. Pembangunan Jalan tol sepanjang 20 kilometer yang merupakan Seksi II ini dilakukan mulai dari Pejagan hingga Brebes Timur. Sementara untuk seksi I (Pejagan-Brebes Barat) pembangunannya sudah 100 persen.


Setelah menyempatkan diri meninjau langsung ke lapangan di sela-sela acara Musrembang, Dardak memastikan dengan dibukanya jalan tol ini, maka akses menuju Kota Slawi sebagai ibukota Kabupaten Tegal maupun akses menuju Kota Tegal akan lebih cepat. “Untuk itu, kedua daerah tersebut diharapkan dapat memanfaatkannya agar wilayahnya semakin berkembang,” katanya.


Saat melakukan peninjauan Kepala BPIW didampingi beberapa jajaran pimpinan dari BPIW, dan didampingi pimpinan dan staf Balai Pelaksana Jalan Nasional Wilayah V.


Pembangunan jalan tol Pejagan-Pemalang sepanjang 57,5 kilometer, akan melewati Kabupaten Brebes, Kabupaten Tegal, Kota Tegal, dan Pemalang. Jalan tol ini merupakan bagian Jalan Tol Trans Jawa yang akan menghubungkan ujung barat Jawa di Merak Banten hingga Banyuwangi Jawa Timur.

Dardak menyampaikan, saat ini sedang dilakukan pengerjaan gerbang tol dan dengan terbuka akses jalan tol ini, ekonomi Kabupaten Tegal maupun Kota Tegal diharapkan tumbuh lebih cepat seperti halnya Kota Cirebon. “Nantinya daerah tersebut harus dikembangkan, terutama kawasan industri dan pariwisata, karena aksesnya kini lebih mudah,” tutur Dardak.


Ia juga menyatakan bahwa yang perlu juga dicermati saat menjelang lebaran adalah arus kendaraan dari Brebes Timur yang masuk ke Kota Tegal. Dengan arus kendaraan yang besar, maka diperlukan manajemen lalu lintas yang perlu dikoordinasikan lebih lanjut. “Paling tidak, arus kendaraan nantinya bisa melewati ruas jalan nasional tapi juga bisa melalui jalan alternatif yang ada disitu,” katanya.


Dalam kesempatan itu Dardak menyampaikan bahwa proses Musrenbang sangat penting untuk membuat langkah strategis terutama terkait pengembangan wilayah di Kabupaten Tegal. Karena dalam Rencana Strategis (Renstra) Kementerian PUPR 2015-2019 menyebutkan bahwa fokus pembangunan infrastruktur berbasis pengembangan 35 wilayah pertumbuhan.


“Dalam 5 tahun, kita fokus pada wilayah pertumbuhan itu, yang didalamnya ada suatu kawasan yang potensial untuk dikembangkan,” katanya.  


Bupati Tegal Enthus Susmono menyambut baik program PUPR yang memadukan pembangunan infrastruktur dengan pengembangan wilayah tersebut. Menurutnya, dengan adanya pembangunan infrastruktur dapat membantu Kabupaten Tegal, karena anggaran pembangunan daerahnya masih terbatas. Enthus pun optimis daerahnya akan lebih maju bila mendapat dukungan semua pihak, termasuk dari Kementerian PUPR.


Acara Musrembang tersebut diisi dengan penyampaian Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) 2017 oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Tegal, Haron Bagas Prakosa. Pada kesempatan itu Haron menyampaikan bahwa pelaksanaan pembangunan di Kabupaten Tegal mencapai 70 persen.

Dengan banyaknya pembangunan, maka angka pengangguran dapat ditekan hingga mencapai 6,04 persen. Sementara tingkat kemiskinan Kabupaten Tegal terendah di Jawa Tengah yakni hanya mencapai 9,78 persen.


Musrenbang ini juga diisi beberapa kata sambutan dari Kepala Bappeda Provinsi Jawa Tengah yang diwakili Kasubbid SDA dan Pertanian, Hasanaturodiyah, Ketua DPRD Kabupaten Tegal A.Firdaus A Syairozi, dan dari Anggota DPR RI Dapil 9, Agung Widyantoro, serta  penyampaian beberapa masukan dari Anggota  DPR RI Dapil 9 lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar